Khasiat Kayu Manis Untuk Obat Kolesterol, Kanker, mengontrol Kadar gula


kayu manis dan serbuk kayu manis
Kulit kayu manis atau lebih sering disebut sebagai kayu manis meski sebenarnya kayu manis merujuk pada pohonnya. Pohon kayu manis ini memiliki nama ilmiah Cinnamomum verum dan dikenal juga dengan nama Cinanamon adalah sejenis pohon yang menghasilkan rempah-rempah. Kayu manis adalah rempah dengan aroma sangat khas, manis dan pedas. Kayu manis sendiri merupakan salah satu bumbu makanan yang paling tua di dunia yang digunakan oleh manusia. Bumbu ini telah digunakan oleh manusia sejak 5000 tahun lalu pada abad Mesir Kuno.
Secara tradisional manfaat kayu manis sering digunakan sebagai suplemen yang mengatasi berbagai penyakit. Rempah tersebut dicampurkan dengan madu ketika ingin dijadikan sebagai obat tradisional radang sendi, penyakit kulit, penyakit jantung dan juga perut kembung.
Terdapat beberapa jenis kayu manis yang sering dijual di pasaran, antara lain adalah:
1. Cinnamomum verum, atau kayu manis Sri Lanka.
2. Cinnamomum burmannii, atau kayu manis Indonesia.
3. Cinnamomum aromaticum, atau kayu manis Cina.
Beragam Manfaat Kayu Manis
Di samping aroma khas yang enak dari kayu manis, kandungan yang dimiliki oleh kayu manis sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan sering pula digunakan sebagai pengobatan tradisional.
Beberapa poin berikut ini adalah sebagian dari manfaat kayu manis baik untuk pengobatan penyakit ringan ataupun penyakit kronis:
1. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh
Kayu manis mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kadar kolesterol jahat atau dikenal dengan istilah LDL adalah jenis kolesterol yang berbahaya bagi tubuh karena bisa menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan stroke. Mengonsumsi kayu manis secara rutin akan dapat menurunkan resiko terhadap penyakit kardiovaskular tersebut.
2. Mengontrol kadar gula darah
Sebagaimana telah disinggung pada poin sebelumnya, kayu manis bermanfaat mencegah penyakit diabetes. Beberapa penelitian telah dilakukan terkait manfaat kayu manis dalam hal mengontrol kadar gula darah. Maka dari itu, mereka yang menderita penyakit diabetes ataupun hypoglycemic disarankan untuk mengonsumsi kayu manis. Tidak hanya itu, kayu manis bermanfaat pula untuk mengembalikan energi dan suasana hati.
3. Meringankan rasa sakit akibat reumatik
Kayu manis memiliki kemampuan untuk meringankan rasa sakit akibat reumatik. Hal ini diperoleh dari kesimpulan penelitian yang dilakukan oleh Departmen of Internal Medicine dimana kayu manis mampu mengurangi kadar sitokin. Sitokin adalah protein-protein kecil yang berperan sebagai mediator dan pengatur imunitas, hematopoesis dan inflamai penyebab reumatik.
4. Anti-infeksi
Kayu manis mempunyai komponen anti-infeksi alami. Ini ditemukan dalam beberapa penelitian yang memperoleh bukti bahwa kayu manis dapat menghilangkan bakteri H. pylori penyebab sakit maag dan penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri.
5. Mencegah sel kanker
Penelitian yang dilakukan oleh University of Texas memperoleh kesimpulan bahwa kayu manis mampu mencegah pertumbuhan proliferasi sel kanker serta menyembuhkan kanker juga.
6. Membantu pengobatan penyakit Alzheimer
Studi ini dilakukan oleh Cytokine Research Laboratory, University of Texas yang mengembangkan rempah kayu manis sebagai obat penyakit neurodegenerative seperti misalnya penyakit Alzheimer, Parkinson, tumor otak, meningitis dan multiple sclerosis. Kayu manis dapat mengurangi peradangan kronis yang berkaitan dengan masalah neurologis.
Tidak hanya penyakit-penyakit yang sudah disebutkan di atas, manfaat kayu manis dapat dijadikan sebagai obat serbaguna. Terdapat kandungan serat, kalsium dan zat besi serta mangan yang efektif mengatasi nyeri haid dan melahirkan. Kayu manis bisa juga dijadikan sebagai pengawet makanan alami. Kandungan cinnamaldehyde-nya berfungsi untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh.
Diberdayakan oleh Blogger.