http://www.loketpembayaranresmi.com/
Membuka Loket Pembayaran Resmi
http://cakning.com/?sp=shopp

Sabtu, 06 Juli 2013

Multivitamin Tablet Bagi kesehatan, Pilih yang Mana ya?


Seiring dengan perkembangan kemampuan ekonomi masyarakat, parahnya tingkat radiasi di lingkungan serta gaya hidup yang semakin modern, tak ayal ikut meningkatkan pamor suplemen makanan, salah satunya adalah multivitamin. Multivitamin sendiri terdiri dari berbagai macam sediaan, namun kali ini aku hanya ingin memfokuskan pembahasan pada multivitamin tablet effervescent yang banyak digandrungi konsumen.
Kenapa banyak orang menyukai multivitamin tablet effervescent ini dibandingkan bentuk sediaan yang lain, misalnya sirup atau tablet? Kebanyakan jawabannya adalah multivitamin tablet effervescent ini praktis dan enak dikonsumsi, apalagi bagi mereka yang kesulitan menelan tablet. Permasalahan yang timbul adalah banyaknya produk multivitamin tablet effervescent ini, sedangkan konsumen bingung memilih mana yang cocok. Akhirnya banyak yang suka pilah-pilih sembarangan, yang rasanya enak lah, yang harganya mahal lah, yang komposisinya lengkap lah. Padahal, penggunaan multivitamin ini seharusnya sesuai kebutuhan tubuh saja, tak boleh sembarangan digunakan apalagi secara terus-terusan.

Berikut beberapa pilihan multivitamin tablet effervescent beserta penjelasan komposisi dan kegunaannya, sehingga bisa dijadikan referensi dalam memilih multivitamin yang tepat guna.
Redoxon Double Action – Bayer
Tersedia dalam dua pilihan rasa yaitu jeruk dan blackcurrent. Tiap tablet mengandung vitamin C 1000 mg dan zinc 10 mg. Berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, baik digunakan pada saat flu, demam, skorbut, gusi berdarah, masa penyembuhan luka, dan pasca operasi. Harganya Rp 27.000, 00 per 10 tablet.
CDR – Bayer
Ada berbagai macam jenisnya, antara lain CDR rasa jeruk atau fruit punch, CDR Fortos, dan CDR Fortimun. Tiap tabet CDR mengandung kalsium 250 mg, viamin C 1000 mg, vitamin D 300 IU, vitamin B6 15 mg. Berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang pada orang dewasa, memenuhi kebutuhan kalsium pada ibu hamil dan menyusui, baik untuk masa pertumbuhan dan penyembuhan. Harganya Rp 27.200, 00 per 10 tablet.
CDR Fortos mengandung kalsium 600 mg dan vitamin D 400 IU. Jika dibandingkan dengan CDR biasa maupun Protecal Solid, kandungan kalsium dalam CDR Fortos ini lebih besar. Dikhususkan untuk pemeliharaan kesehatan tulang dan gigi, juga bisa dapat mencegah osteoporosis. Harganya Rp 30.300, 00 per 10 tablet.
CDR Fortimun merupakan pengembangan produk CDR-Bayer yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun, terutama pada usia lanjut.
Protecal – Konimex
Ada dua macam variasi multivitamin Protecal, yaitu defense dan solid. Protecal defense mengandung vitamin C 1000 mg, zinc 10 mg, dan Echinacea extr 25 mg. Hampir sama seperti Redoxon, tapi memiliki keunggulan triple action karena ada komponen Echinacea extr yang sangat efektif untuk penderita flu, Harganya 23.400, 00 per 10 tablet, juga tersedia dalam bentuk sachet Rp 2.400, 00 per sachet.
Protecal solid mengandung kalsium 250 mg, vitamin C 1000 mg, vitamin D 300 IU, dan vitamin B6 15 mg. Sama persis dengan CDR. Berfungsi untuk masa pertumbuhan dan penyembuhan, memenuhi kebutuhan kalsium pada wanita hamil dan menyusui, pasca operasi, menjaga kesehatan tulang dan gigi. Harganya sama dengan Protecal defense.
Supradyn – Bayer
Mengandung multivitamin lengkap meliputi: vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, D, E, biotin, asam folat, kalsium, magnesium, ferum, mangan, fosfor, tembaga, seng, molibden. Berfungsi untuk memulihkan kondisi tubuh yang menurun, misalnya sehabis sakit dan membantu memenuhi kebutuhan multivitamin, mineral, dan mikroelemen.
Mikroelemen ini hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil bagi tubuh, jadi sebaiknya penggunaan multivitamin ini jangan terlalu sering. Harganya Rp 30.800, 00 per 10 tablet.
Berocca Performance – Bayer
Mengandung vitamin B komplek, vitamin C, botin, asam folat, magnesium, kalsium, seng, dan ginseng ekstrak. Berfungsi untuk membantu memenuhi kebuthan vitamin dan mineral, membantu metabolisme tubuh, adanya ginseng ekstrak dapat memulihkan stamina dan konsentrasi.
Cocok bagi mereka yang banyak beraktivitas dan menuntut kondisi tubuh yang prima setiap saat. Harganya Rp 35.800, 00 per 10 tablet.
Fituno produk Kimia Farma. 
Fituno ini merupakan campuran dari berbagai tumbuhan yang terbukti sangat berkasiat menjaga kebugaran tubuh dan sebagi anti imun untuk pertahanan tubuh dari kuman. Di dalam fituno terdapat kandungan antara lain: ada sari buah mengkudu, echinacea, phylanti herba, vitamin b1, b6, dan vitamin E. Sehingga sangat bagus untuk kesehatan anda. Dengan harga yang relatif murah hanya Rp 63 rb saja ...anda telah dapatkan 30 tablet untuk 1 bulan. Coba anda bayangkan dengan biaya yang sedikit saja ...anda telah mampu menghemat ratusan ribu bahkan jutaan rupiah bila anda jatuh sakit. Tidak ada salahnya anda mencoba vitamin yang satu ini.
Demikian ulasan singkat mengenai multivitamin tablet effervescent, semoga memudahkan dalam memilih mana yang seharusnya dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. Pesan penulis, jika gak terlalu butuh lebih baik dihindari penggunaan suplemen makanan seperti ini. Akan lebih bijaksana jika anda mengkonsumsi gizi seimbang dan istirahat cukup untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit. 
** harga sebelum BBM Naik, Bila membutuhkan Cari di Apotek terdekat.....

Pada dasarnya belum ada bukti ilmiah yang kuat mengenai khasiat multivitamin dalam menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, atau penyakit kronik lainnya.
Selain itu studi yang menunjukkan risiko kesehatan pada orang yang kekurangan vitamin tertentu oleh para pakar dianggap keliru. Memenuhi kekurangan vitamin atau mineral agar mencukupi kebutuhan harian berbeda dengan menambahkan melebihi kadar yang direkomendasikan.
Cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin adalah mengonsumsi makanan yang secara alami mengandung vitamin. "Bahan pangan bukan hanya mengandung vitamin dan mineral, tapi juga serat dan kandungan lain yang menyehatkan," kata Jody Engel, ahli nutrisi.
Bila kita mendapatkan vitamin dari bahan pangan alami, mustahil akan terjadi kelebihan vitamin atau mineral.
Siapa yang membutuhkan?
Schardt menjelaskan, memang ada beberapa orang yang memerlukan suplementasi, yakni:
- Wanita pasca menopause yang memerlukan vitamin D dan kalsium untuk melindungi tulang.
- Wanita yang merencanakan kehamilan memerlukan folat untuk mencegah cacat lahir.
- Orang berusia di atas 50 tahun dan menganut vegetarian memerlukan vitamin B12.
- Ibu hamil memerlukan tambahan zat besi.
- Ibu yang menyusui mungkin memerlukan kalsium dan vit D.
Jika Anda memang membutuhkan suplemen, berhati-hatilah pada kualitasnya. Consumerlab.com, perusahaan yang meneliti suplemen belum lama ini mempublikasikan hasil penemuannya yang menyebutkan 1 dari 4 suplemen tidak mengandung zat yang dituliskan dalam kemasannya.
Mereka juga menegaskan bahwa harga yang mahal bukan garansi kualitas suplemen yang baik. Perhatikan juga ada tidaknya sertifikasi keamanan dari lembaga berwenang, misalnya BPOM.

Berikut adalah tips aman mengonsumsi suplemen:
- Buatlah sederhana. Makin banyak kandungan yang terdapat dalam suplemen kombo, makin besar kemungkinannya jumlahnya tidak tepat.
- Menurut para ahli dari The Office of Dietary Suplemen, bila memungkinkan pilih suplemen kombo yang spesifik dengan usia dan jenis kelamin Anda. Multivitamin biasanya mengandung sedikit zat besi dan vitamin untuk orang lanjut usia biasanya mengandung lebih banyak kalsium dan vitamin D.
- Konsumsi vitamin D saat makan malam. Studi menunjukkan penyerapan nutrisi ini jauh lebih baik bila dikonsumsi bersama makan besar dan lebih banyak lemak.
- Waspada suplemen  vitamin K karena bisa mempercepat penyumbatan pembuluh darah dan bisa mengganggu obat-obatan penyakit jantung dan pengencer darah.
- Perokok dan mantan perokok disarankan menghindari multivitamin yang mengandung beta karoten atau vitamin A. Dua studi ilmiah menunjukkan vitamin ini meningkatkan risiko kanker paru.
- Untuk pasien kanker, vitamin C dan E akan mengurangi efektivitas kemoterapi.
- Orang yang akan melakukan tindakan operasi harus memberitahu dokternya jika mengonsumsi suplemen vitamin karena beberapa jenis vitamin bisa menyebabkan perdarahan dan mengganggu anestesi.

0 komentar:

Poskan Komentar